Senin, 12 Agustus 2024

Pengalaman pakai menstrual cup

Jadi...sebenernya udah lama banget pengen nulis ini tapi gak kejadian-kejadian.

Akhirnya karena liat postingan temen di X jadi keinget lagi dan mau nulisin pengalamanku pake menstrual cup.

Aku kenal menstrual cup (disingkat M-cup) ini dari anaknya bos aku yang check out pesanannya di Demi Bumi

Akhirnya berusaha cari tau deh apa fungsi ini benda....gimana cara makenya dst...dst....

Lalu akhirnya setelah jelajah dunia maya dan kebanyakan waktu itu dapetnya dari pengalaman-pengalaman pengguna di luar negeri, sampai jadi tau kalo bentukannya gak cuman 1 macem aja.....

Nih rupa-rupa bentuk M-Cup : (and many more actually kalo mau ubek-ubek lebih dalem lagi...)










aku mutusin buat coba beli....

Semangat dasarnya sih yang buat aku pengen banget beli ini adalah untuk ngurangin sampah plastik bekas pembalut.

Maka searching punya searching...aku akhirnya mutusin buat beli produk lokal dari G-cup (yang pasti juga karena harganya termasuk yang ramah di kantong. Kalo yang lain rata-rata hampir sekitar 300-400ribuan waktu itu)

Pertama kali aku beli yang ukuran Small atau tengah-tengah. Gak kecil gak besar.

Tapi ternyata pas nyampe aku cukup terintimidasi sama ukurannya.

Dan sebagai first time user, aku ngalamin hal yang gak smooth dalam pemasangan. 

Sampai-sampai butuh waktu sejam di kamar mandi karena gak dapet posisi yang enak dan selah yang nyaman buat masang. Mau mandi air malah jadi mandi keringet didalam kamar mandi 😅.

Akhirnya waktu itu balik lagi ke pembalut karena termasuk zonk.

Sekali lagi searching berbagai artikel maupun testimony di internet.

Termasuk waktu itu pengalaman Meira Anastasia pas dia beli M-cup perdananya.

Ternyata dia juga ngalamin kesulitan buat penggunaan di awal.

Bikin aku malah makin termotivasi buat bisa. Karena ternyata emang gak mudah ya buat first timer.

Tapi waktu itu jeda aku lumayan lama buat belajar make lagi.

Bahkan saking pengennya aku untuk bisa....aku akhirnya beli lagi yang ukuran lebih kecil.

Karena merasa kalo yg kemarin mungkin faktor kegedean makanya susah masuk...kalo aku ubah ukuran siapa tau bisa lebih gampang.

Jejak digital pembelian keduaku di 4 Desember 2021 :









Akhirnya setelah bersusah payah. Aku mulai bisa ngegunainnya.

Walau belum sampai posisi yang pas banget menurut aku.

Dan itu sebenernya karena "ketakutan" untuk jari aku masuk ke tempat yang pas buat release si M-cup.

Sebenernya agak aneh sih. Padahal kan itu tubuh aku sendiri ya...tapi karena sex education di Indonesia emang kayaknya belum mumpuni untuk seorang wanita paham anatomi tubuhnya sendirilah yang berujung pada ketakutan -ketakutan ini.

Tapi yang pasti itu nggak menghentikan aku untuk tetap berusaha dapet posisi enak, cara praktis buat masukin M-cup plus cara nyopotinnya juga.

Akhirnya setelah gak tau berapa lama...saking gak dipikirinnya....aku akhirnya ketemu cara yang enak dan pas buat masang.

Dan emang bener....enak banget setelah pakai ini. gada drama-drama merasa gerah dan bau. 

Ngebersihinnya juga gampang.

Pokoknya ultimate-lah wkwkwkwk.

Dan karena juga gak mau boros air buat sterilinnya...akupun cari-cari produk buat sterilin M-cup aku.

Keluaran G-cup pas release ternyata belum cukup ramah di kantongku...

Jadi aku iseng-iseng coba alternatif lain kali-kali ada yang versi ekonomisnya.

Eh ketemulah : (aku beli pas 4 April 2022)

Link pembelian disni : M-cup sterilizer











Aku beli dan pakai sampai sekarang.

Jadi begitulah journey aku pake M-cup.

Highly recommended buat yang belum pakai.

Isoke takutnya di awal-awal aja. Kalo udah kebiasa dijamin enak dan nyaman banget.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar